Resep Minuman Kekinian, Dalgona Coffee Original

Resep Minuman Kekinian, Dalgona Coffee

Asal-usul Dalgona coffee berasal dari Negara Korea Selatan, dan diciptakan pada tahun 1970 hingga tahun 1990-an.

Dulunya para pedagang membuat resep Dalgona sebagai permen dan menjualnya seharga 50 hingga 100 won per porsi.

Dilansir dari SCMP, tidak banyak orang yang tahu bahwa dalgona atau dalam bahasa Korea disebut dengan nama 'ppopgi' memiliki arti “minuman madu”.

Jajanan ini memiliki rasa yang bisa membangkitkan kenangan masa kecil bagi orang-orang yang tumbuh pada era tahun '70-an hingga '80-an.

Dulu dalgona permen dibuat dengan mencampurkan gula dengan air dan merebusnya sampai mulai agak kuning.

Kemudian baking soda ditambahkan, setelah itu campuran terurai dan karbon dioksida dilepaskan. Gula yang sudah dicairkan akan mengembang dan mengeras, menjadi ringan dan renyah.

Nama ‘Dalgona’ pada Dalgona Coffee mengacu pada penampilan whipped coffee yang mirip dengan penampilan permen Dalgona tersebut.

Keduanya sama-sama memiliki warna coklat muda yang sangat mirip dan juga sama-sama memiliki tekstur yang terlihat sangat lembut.

Belum lagi kesamaan yang paling mencolok adalah, baik whipped coffee pada Dalgona Coffee dan juga permen Dalgona berbentuk lingkaran.

Minuman Dalgona Coffee kemudian menjadi viral sejak Januari lalu, lebih tepatnya sejak saat aktor Jung Il Woo membuat minuman ini dengan sedikit modifikasi di sebuah show di televisi Korea.

Sebelum kamu membuat diagonal coffee, sebaiknya kamu mengikuti tips-tips berikut ini agar tidak gagal dan hasilnya juga memuaskan.

1.       Rasa asli dalgona coffee pada umumnya akan cukup pahit, bahkan setelah dicampur dengan susu. Untuk itu kamu bisa mengurangi takaran kopi instan atau gunakan jenis arabika.

2.       Jangan pakai kopi instan yang sudah bercampur gula atau krimer. Dibutuhkan kopi instan murni supaya terbentuk foam kopi dengan sempurna.

3.       Gunakan kopi instan yang lebih menyerap air, jika ingin menghasilkan foam yang dapat mengembang sempurna.

Setelah mengetahui tipsnya, maka kita akan melanjutkan pembahasan berikutnya. Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari difarina indra, penyanyi muda asal Indonesia. Yakni mengenai langkah-langkah cara membuat minuman asal korea yang satu ini, antara lain:

Resep Dalgona Coffee Nescafe


Untuk mendapatkan minuman dalgona yang sempurna dengan citarasa ala menu cafe, kamu bisa menggunakan kopi instan tanpa ampas dari Nescafe Classic.

Hal ini karena kopi Nescafe Classic memiliki kualitas dunia dan mengandung 100% kopi robusta yang berkualitas.

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan dan langkah-langkah yang sangat mudah kamu ikuti untuk membuat 2 gelas Dalgona Coffee!

Bahan-bahan:

- 2 sendok makan NESCAFÉ Classic

- 2 sendok makan gula putih

- 125 ml susu cair

- 1 gelas es batu

Cara Membuat:

1. Masukkan NESCAFÉ Classic dan gula ke dalam mangkuk kecil, 

2. Lalu tambahkan air panas sebanyak 2 sendok makan.

3. Aduk hingga mengembang dan menjadi whipped coffee.

4. Tuangkan susu cair ke dalam gelas dan masukkan es batu sesuai selera.

5. Tuangkan whipped coffee yang telah kamu buat sebelumnya.

6. Dalgona Coffee kamu siap untuk dinikmati bareng orang tersayang!

Nah, itulah informasi mengenai asal-usul dan cara membuat Dalgona Coffee menggunakan kopi saset Nescafe Classic yang sangat mudah kamu ikuti di rumah.

Untuk resep mengenai varian Dalgona Coffee dengan cita rasa yang lain, kamu bisa mencari informasinya di blog-blog selanjutntya.

 

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar